15 5 Akibat Revolusi Bumi

Revolusi Bumi ? Apa sih ? Apa sih akibatnya ? Nah Blog Pelajaran Lengkap akan membahas pelajaran astronomi yakni revolusi bumi.

Sebelumnya saya akan bercerita tentang ilmu astronomi. Astronomi merupakan ilmu paling tua. Nenek moyang kita sudah mempelajari ilmu Astronomi ratusan tahun yang lalu. Lalu apa buktinya ? Buktinya yakni adanya kalender jawa, dan lain-lain.

Selain itu Astronomi merupakan ilmu yang belum sepenuhnya diselidiki. Contoh yang belum diselidiki adalah Alien, Planet luar, dan Quasar.

Astronomi juga diikutsertakan dalam olimpiade lho. Banyak putra-putri indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa indonesia dengan meraih medali entah itu emas, perak atau perunggu di IAO ( International Astronomy Olympiad ) Semoga saya juga bisa. Amin

Demikian cerita singkat saya. Ingin mengenai lebih jauh tentang Astronomi ? Kunjungi blog astronomi saya

Revolusi bumi merupakan gerak memutarnya bumi terhadap matahari. Tapi sebelumnya kamu tahu berapa macam sih gerak bumi ? Kebanyakan hanya tahu 2 yakni berputar pada poros ( rotasi ) dan berputar pada matahari ( revolusi ). Klik untuk melihat 12 Akibat Rotasi Bumi.

Nah apa sih gerak bumi versi lengkap Blog Pelajaran Lengkap ? Ini dia jawabannya :
- Gerak berubahnya arah poros bumi
- Gerak berputarnya bumi terhadap sumbunya ( rotasi )
- Gerak berputarnya bumi terhadap matahari
- Gerak berputarnya bumi bersama-sama matahari mengelilingi pusat galaksi

Lalu akibat dari revolusi bumi yakni :

1) Adanya perubahan lamanya waktu siang dan malam
Negara-negara di belahan bumi utara dan selatan memiliki perbedaan lamanya waktu siang dan malam. Selain diakibatkan oleh sudut kemiringan poros bumi, juga diakibatkan oleh revolusi bumi. Kenapa ? Karena dalam berevolusi, bumi dapat terletak di apotema atau hipotema.
Tahu ngga apotema dan hipotema itu ? Apotema adalah titik terjauh bumi dengan matahari sedangkan hipotema kebalikannya yakni titik terdekat bumi dengan matahari

2) Adanya perubahan rasi bintang
Coba kamu lihat langit malam pada bulan yang berbeda-beda. Pasti bentuknya berbeda-beda kan ? Pada bulan ini di langit ada rasi bintang waluku, pada bulan berikutnya ada rasi bintang scorpio, dan seterusnya. Nah hal ini disebabkan oleh revolusi bumi juga.

3) Adanya gerak semu tahunan matahari
Gerak semu tahunan yakni gerak berubahnya posisi matahari. Maksud ? Kalo ngga maksud begini logikanya. Misal ada dua gunung. Nah pada bulan Januari, matahari hari terbit di samping gunung yang pertama. Pada bulan april, matahari terbit diantara kedua gunung. Pada bulan juli ada disamping gunung kedua. Lalu pada oktober kembali berada di antara gunung itu. Kemudian pada bulan desember ada pada samping gunung pertama. Dan seterusnya.

4) Adanya perubahan musim
Perubahan musim yang terdiri dari 4 musim yakni dingin,semi,gugur, dan panas hanya terjadi di belahan bumi utara dan selatan. Sayang, indonesia tidak memiliki keempat musim itu karena indonesia berada di daerah katulstiwa.

5) Ditetapkannya kalender masehi
Coba saja kalau bumi tidak berevolusi. Pasti tidak ada kalender masehi kan?

Posted By :




15 komentar:

Apple Menguasai Pasar Notebook Ultra Tipis mengatakan...

saya baru tahu jika revolusi bumi dapat mengakibatkan adanya gerak semu matahari, terima aksih atas infonya gan

admin ari mengatakan...

Sama-sama gan

Anonim mengatakan...

wkwkwkwkwkwk........
Thanx bro.....

Anonim mengatakan...

thx ya bro info nya,.,.



Anonim mengatakan...

salah tuh

Anonim mengatakan...

saya bbaru tau,, kalo perubahan siang dan malam itu gara2 revolusi bumi... saya kira ROTASI BUMI

Anonim mengatakan...

KOX gaul bgt cii bahasa ea....

LDII JIMBARAN mengatakan...

bagus

Anonim mengatakan...

wkaowkaowkao

Anonim mengatakan...

trims ya informasinya,sangat membantu dlm tugas nih....

arif yoga pratama mengatakan...

Siang dan malam itu bukan karena revolusi bumi tapi rotasi bumi. Karena bumi berputar pada porosnya misalnya:Indonesia terkena sinar matahari berarti siang hari saat bumi berputar 360 derajat maka indonesia menjadi tengah malam

asep purnama mengatakan...

thannkkkk alll..
..D:

Anonim mengatakan...

baca dlu om..
kalau siang sama malam nya berubah, emang gara2 rotasi, gak.usah di capslock juga ngerti
tapi waktunya (lama waktu malam dan siang) yang berubah emang bener gara2 revolusi..

Biibii Habiibii mengatakan...

Yes.....tugas kelar......thanks

Anonim mengatakan...

Woyyy Perubahan Lamanya ama perbedaan Siang & Malam Bedaaa ... Kacian Adminnya ... tuh tanya cah lontong

Poskan Komentar