Friday 13 July 2012

Jenis-Jenis Pencernaan Pada Manusia

Kali ini Blog Pelajaran akan membahas materi pelajaran biologi khususnya pada bab sistem pencernaan manusia. Sebelum memulai bahasan, disarankan kalian melihat beberapa postingan biologi saya yang telah saya bahas sebelumnya seperti macam-macam sendi, fungsi organ sistem saraf manusia, macam-macam enzim dalam tubuh manusia, dan macam-macam selaput pada mata.

Kembali ke bahasan kita, sebenarnya Sobat Pelajaran Lengkap tahu nggak apa definisi dari sistem pencernaan manusia ? Kalo nggak tahu berikut definisinya :

Definisi Sistem Pencernaan
Sistem pencernaan adalah sistem organ pada hewan multisel yang menerima makanan lalu mencernanya menjadi energi dan nutrien dengan bantuan enzim, kemudian mengeluarkan sisa proses tersebut (ekskresi) yang melibatkan organ-organ pencernaan dan kelenjar-kelenjar pencernaan.

Jenis-jenis Pencernaan Pada Manusia

Pencernaan Mekanis

Pencernaan Mekanis (Pencernaan Fisik) adalah proses pengubahan makanan dari ukuran besar/bentuk kasar menjadi kecil/berbentuk halus.

Pencernaan ini ada pada :
- Mulut
- Lambung

Pencernaan Kimiawis

Pencernaan Kimiawis adalah proses perubahan makanan dari zat yang lebih kompleks menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan bantuan enzim.

Pencernaan ini ada pada :
- Mulut
- Lambung
- Usus

Pencernaan Biologis

Pencernaan Biologis adalah proses perubahan sisa-sisa makanan menjadi busuk yang dibantu oleh bakteri escherichia coli

Pencernaan ini ada pada :
- Usus Besar



Facebook Twitter Google+

 
Back To Top