Saturday 31 October 2015

7 Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Diterima

Tips Cara Agar Lamaran Kerja Diterima - Apakah anda saat ini fresh graduate dan berkeinginan melamar suatu pekerjaan? Maka sebelum anda memutuskan untuk melamar suatu pekerjaan, ada beberapa hal yang harus anda pikirkan terlebih dahulu. Kita tahu, saat ini pelamar kerja di luaran sangat padat dan tidak mungkin membuat petugas HRD akan berlama-lama membaca lamaran anda ataupun untuk menilai CV anda.
tips agar lamaran kerja diterima

Menurut survei yang dilakukan oleh Society for Human Resource Management setidaknya 5 menit tim HRD membaca resume dan memastikan bahwa pelamar dapat lolos ke babak selanjutnya. Bahkan, menurut Doug Arms dari Kelly Service seorang pekerja HRD menganggap waktu 5 menit adalah waktu yang cukup lama hanya untuk membaca CV. Mereka menilai idealnya pekerja HRD membutuhkan waktu hanya 30 detik untuk melihat dan menilai CV. Lantas apa saja tips membuat lamaran kerja yang baik sehingga tidak ditolak perusahaan?


7 Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Tidak Ditolak

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan sebaiknya hindarilah kesan ceroboh, tidak dewasa dan tidak niat dalam bekerja. Walaupun anda berpendidikan yang cukup tinggi, namun anda tidak memperhatikan beberapa hal di atas maka sudah pasti lamaran anda langsung ditolak HRD.

1.    Gunakan email yang profesional

Anda harus menggunakan email yang profesional, minimal email yang menggunakan nama anda sebab ini dapat meningkatkan kredibilitas anda. jangan menggunakan email yang konyol atau lucu tentu saja pihak HRD tidak akan sepakat dengan pendapat anda.

2.    Perhatikan ejaan dan tata bahasa

Bacalah beberapa kali resume anda dan perhatikan setiaap ejaan dan tata bahasa yang ada di dalam resume anda. Apabila di sini saja anda sudah menuliskan kesalahan, maka pihak HRD dapat menilai bahwa anda adalah orang yang kurang teliti.

3.    Gunakan font dan grafis yang sederhana

Membuat CV dan lamaran kerja yang unik memang menjadi nilai plus perusahaan melirik anda. Namun, jika berlebihan tentu saja malah membuat lamaran anda terlihat aneh dan menyusahkan tidak perekrut perusahaan. Kecuali jika anda melamar posisi untuk desain grafis.

4.    Gambarkan kemampuan anda di resume

Sebaiknya anda menggambarkan skill anda di resume, sebaiknya gambarkanlah dengan relevan antara kemampuan yang anda miliki dan pekerjaan yang anda inginkan. Selain itu, perhatikan juga deskripsi diri anda apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Jika iya, maka gambarkan di resume anda seringkas mungkin.

5.    Tuliskan prestasi anda

Kebanyakan para pelamar kerja tidak menuliskan prestasi mereka, mereka hanya menuliskan apa saja pekerjaan yang pernah mereka lakukan. Padahal yang paling penting dalam sebuah resume adalah prestasi dan pencapaian yang pernah dilakukan.

6.    Tulislah resume singkat

Jangan terlalu panjang dalam menulis resume, pastikan anda menulis resume sesingkat mungkin namun semua hal tentang diri anda tergambar di resume tersebut.

7.    Jangan lupa cantumkan tanggal

Sepele memang, namun ini akan melihat ketelitian anda. pastikan anda selalu membuat tanggal dalam menulis surat lamaran pekerjaan.

Bagaimana dengan 7 tips agar lamaran anda tidak ditolak di atas? Semoga informasi ini menambah wawasan anda.

Facebook Twitter Google+

 
Back To Top