Sunday 1 November 2015

6 Hal Penyebab Lamaran Kerja Anda Gagal

Setelah anda memasukkan berbagai macam lamaran pekerjaan namun ternyata panggilan kerja pun tidak kunjung tiba. Mungkin anda bertanya-tanya, apakah yang menyebabkan lamaran pekerjaan anda tidak dipanggil oleh perusahaan. Terkadang ada beberapa hal yang tidak anda sadari ternyata dapat membuat lamaran kerja anda ditolak.
 
6 Hal Penyebab Lamaran Kerja Anda Gagal


Nah untuk mengetahuinya, berikut ini akan kami berikan informasi mengenai hal yang menyebabkan lamaran kerja anda gagal.

1.    Terlalu banyak menggunakan kata saya

Lamaran kerja bukanlah autobiografi yaitu selalu menggunakan kata saya. seharusnya anda memfokuskan untuk menekanan dan menjelaskan bagaimana anda dan pastikan anda sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Hindarilah persepsi self centered dengan terlampau banyak mengggunakan kata saya.

2.    Kalimat pembuka kurang informatif

Mungkin anda tidak mampu dalam membuat kalimat pembuka, sehingga surat lamaran anda terlihat kurang informatif. Apabila anda tidak pandai membuat kalimat pembuka, maka ini akan membuat pengenalan diri anda terlihat lemah dan membuat perusahaan kurang tertarik.

3.    Tidak mengambarkan kemampuan

Anda harus menjual atau menggambarkan kemampuan diri anda kepada calon perusahaan. misalnya, anda harus pandai membuat lamaran kerja yang isinya adalah alasan utama mengapa perusahaan harus memanggil anda untuk wawancara. Misalnya anda dapat menggunakan kalimat bahwa anda memiliki kemampuan dalam mengoperasikan Ms Office dan semua keahlian yang lainnya.

4.    Surat terlalu panjang

Mungkin tanpa anda sadari, anda ingin membuat lamaran yang benar-benar menggambarkan kemampuan anda. Akan tetapi, tanpa sadar anda membuat surat lamaran yang terlalu panjang misalnya menjadi 2 lembar. Padahal cara ini akan membuat pembaca surat enggan membacanya, oleh sebab itu buatlah seringkas mungkin untuk menghormati waktu yang membacanya.

5.    Tidak mencantumkan posisi yang diinginkan

Apabila anda membaca lowongan pekerjaan yang diiklankan, maka jangan lupa untuk mencantumkan jabatan yang ingin anda lamar di surat lamaran tersebut. terkadang, penulis lamaran kerja lupa menuliskan jabatan yang ingin beliau lamar. Anda bayangkan saja bagaimana mungkin pihak HRD akan membaca surat lamaran anda saja, sebab banyak sekali surat lamaran yang akan diseleksi.

6.    Isi surat tidak sesuai

Karena anda melamar lebih dari satu perusahaan, terkadang membuat anda lupa mengedit atau menyesuaikan isi surat dengan perusahaan yang anda lamar. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam mencantumkan kepala surat anda, pastikan surat anda sesuai dengan perusahaan yang anda lamar. Jika berbeda maka inilah yang membuat perusahaan akan langsung mencoret nama anda.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai 6 hal penyebab mengapa lamaran kerja anda ditolak. Usahakan anda selalu belajar bagaimana cara memikat hati perusahaan yang ingin anda lamar.
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top