Sunday 8 November 2015

6 Kesalahan dalam Membuat Lamaran Kerja

Kesalahan Dalam Membuat Lamaran Kerja. Fresh graduate dan sedang mencari-cari pekerjaan pasti lagi sibuk membuat surat lamaran kerja. Selain membuat surat lamaran kerja, para pencari kerja juga terus mencari pekerjaan apa yang sesuai dengan kepribadian diri. Tapi, apabila anda memafaatkan fasilitas internet pasti anda sudah terbantu sebab saat ini kita dapat mudah mencari lowongan pekerjaan hanya dengan bermodalkan internet.

6 Kesalahan dalam Membuat Lamaran Kerja

Setelah anda menemukan lowongan pekerjaan yang tepat dengan kriteria anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat lamaran kerja itu sendiri. Akan tetapi walaupun kebanyakan mereka sudah merancang surat lamaran kerja dengan baik, namun masih saja perusahaan belum merespon atau belum dapat panggilan dari perusahaan tersebut. Mungkin di bawah ini adalah penyebab lamaran kerja anda ditolak. Jadi, anda dapat mempelajari setiap kesalahan anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Inilah 6 Kesalahan Dalam Membuat Lamaran Kerja


1.    Menggunakan bahasa informal

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah menggunakan bahasa informal. Bahasa informal yang tidak sesuai dengan kaidah atau penulisan yang benar akan membuat anda terlihat tidak profesional.

2.    Mengguankan tata bahasa yang kacau

Anda menggunakan tata bahasa yang rancu dan salah sehingga lamara terlihat kacau dan tidak enak dibaca. Apabila di lamaran kerja saja anda tidak mampu menggunakan tata bahasa yang benar maka membuat perusahaan berpikir untuk menerima anda sebagai karyawan.

3.    Kesalahan pengetikan huruf

Kesalahan pengetikan atau typo adalah hal yang sering dilakukan orang dalam menulis surat lamaran kerja. Terkdang mereka tidak memperhatikan tipe dan ukuran huruf. Selain itu, mereka juga tidak memperhatikan spasi, pembatas dan kertas yang digunakan sehingga terlihat tidak rapi. Oleh karena itu, gunakanlah kaidah pengetikan yang sesuai pada umumnya. Seperti menggunakan huruf times new roman.

4.    Bertele-tele

Mungkin anda menulis surat lamaran kerja menggunakan kata-kata yang bertele-tele sehingga surat lamaran anda terlihat sedikit lebay. Penulisan yang bertele-tele akan membuat surat lamaran anda terlihat banyak pemborosan kata.

5.    Tidak paham apa yang dibutuhkan perusahaan

Terkadang anda membuat lamaran tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan, inilah yang membuat lamaran anda tidak direspon oleh pihak HRD. Sebaiknya anda cari tahu dahulu informasi mengenai apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jika anda memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan maka cantumkanlah di surat lamaran anda.

6.    Kurang menunjukkan kemampuan diri

Pastikan anda memiliki potensi atau kemampuan diri, menunjukkan kemampuan diri dalam bidang yang disesuaikan dengan perusahaan dapat membuat perusahaan tertarik dan ingin memanggil anda.

Itulah informasi mengenai kesalahan dalam membuat lamaran kerja yang selama ini tidak anda ketahui. Oleh sebab itu, sebaiknya anda memeriksa terlebih dahulu lamaran kerja anda sebelum dikirim ke perusahaan.

Facebook Twitter Google+

 
Back To Top