Saturday 7 November 2015

5 Kesalahan dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup

Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam mencoba melamar suatu pekerjaan. Mungkin anda tidak sadar bahwa CV inilah yang nantinya menjadi penentu utama bahwa anda sukses atau tidak untuk masuk ke proses selanjutnya. Oleh sebab itu, membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar memang harus diketahui.
kesalahan membuat daftar riwayat hidup

Menurut penelitian yang pernah dilakukan mengatakan bahwa sebagian besar atasan di sebuah perusahaan Cuma butuh 3 menit untuk membaca CV. Para atasan juga akan dengan cepat mengenali karakter calon karyawan tersebut. inilah beberapa kesalahan yang kerap terjadi pada daftar riwayat hidup. Inilah 5 Kesalahan Dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup


1.    Halaman CV terlalu heboh

Mungkin ada sebagian orang yang senang melihat CV nya berwarna dan terlihat ramai. Adapun ramai di sini maksudnya menggunakan bingkai-bingkai atau menggunakan jenis huruf yang berbeda dari biasanya. CV sebaiknya ditulis dengan huruf sederhana dan jangan dibingkai-bingkai yang malah akan membuat CV anda terlihat seperti kekanak-kanakan.

2.    Kata ganti orang yang salah

Sebaiknya CV jangan menggunakan kata ganti orang ketiga. Sebaiknya CV dibuat dengan kata ganti orang pertama yaitu saya. Kata saya akan menegaskan bahwa CV anda benar-benar anda yang menulisnya.  Menggunakan kata saya juga membuat anda terlihat percaya diri dan tegas.

3.    Typo

Typo atau kesalahan pengetikan adalah hal yang banyak dilakukan pelamar kerja. Kesalahan ini memang terlihat sepele, namun jangan salah inilah yang menunjukkan bahwa anda kurang teliti. Para karyawan umumnya sangat senang dengan karyawan yang teliti, tegas dan cerdas. Apalagi jika memperhatikan hal-hal kecil demi menyempurnakan pekerjaannya.

4.    Menggunakan bahasa klise

Sebaiknya gunakanlah bahasa formal dalam membuat surat lamaran kerja. Menggunakan bahasa klise yang terkesan membuat atasan kurang nyaman malah akan membuat anda terlihat kurang profesional. Selain itu, hindari juga menggunakan kata-kata jargon yang tidak mudah dipahami.

5.    CV terlalu panjang atau pendek

Mungkin anda tidak sadar bahwa selama ini CV anda itu kependekkan ataupun kepanjangan. Mungkin hal ini terlihat sepele, namun perusahaan akan dapat menilai pribadi anda dari hal yang sepele inilah. Jadi, usahakanlah untuk menulis CV dengan lengkap, menarik dan nyaman dibaca sehingga tidak bertele-tele.

Bagaimana dengan informasi kesalahan dalam membuat daftar riwayat hidup ini? semoga dengan informasi yang kami berikan ini dapat menambah wawasan anda. anda juga dapat membagikan informasi ini kepada teman-teman anda di akun sosial media dengan cara dishare.  Sedikit saran sebaiknya perhatikanlah hal kecil saat anda melamar pekerjaan. Terkadang hal kecil tersebut malah menjadi bumerang anda untuk tidak lolos ke tahap selanjutnya.
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top