Sunday 8 November 2015

Kesalahan Saat Tes Wawancara yang Harus Anda Tahu

Inilah berbagai Kesalahan Saat Interview Kerja. Mungkin anda sudah bekerja keras agar dapat masuk ke tahapan wawancara kerja atau interview. Pada tahapan ini rasanya adalah tahapan yang cukup menegangkan, sebab di tahap ini anda akan langsung berhadapan dengan para pewawancara perusahaan. anda juga sudah tidak dapat sembunyi dari CV yang anda buat, sebab anda akan menjelaskan kemampuan dan diri anda secara langsung. 

kesalahan saat tes wawancara

Terkadang ada kesalahan saat interview kerja yang dilakukan oleh pelamar kerja. Kesalahan ini dibuat tanpa sengaja dan ada juga yang dibuat memang karena kebiasaan sehari-hari. Apabila anda berniat ingin interview pekerjaan sebaiknya hindarilah kesalahan-kesalahan saat interview kerja yang ada di bawah ini. Inilah 6 Kesalahan Saat Interview Kerja yang Harus Anda Ketahui


1.    Hadir Terlambat

Hadir terlamat adalah salah satu kesalahan yang dilakukan pelamar kerja saat interview. Hadir terlambat adalah benar-benar kesalahan yang fatal, apalagi kesan pertama adalah hal yang paling dilihat oleh perusahaan.

2.    Berperilaku kurang menyenangkan

Walaupun saat interview ternyata kerja yang dibicarakan tidak sesuai dengan keinginan dan minat anda, maka jangan tunjukkan prilaku kurang menyenangkan. anda harus menghargai pewawancara dan jangan menampakkan sikap acuh tak acuh atau tidak menyenangkan. Pewawancara memiliki relasi yang luas jika anda sudah berprilaku kurang menyenangkan maka ini akan menjadi bahan perbincangan antar perusahaan. Anda akan dikenal dengan pribadi yang kurang sopan.

3.    Busana yang salah

Anda harus memperhatikan busana anda. Misalnya untuk anda perempuan, jangan berpakaian terlalu mencolok atau gaul cobalah untuk menggunakan busana konservatif. Gunakan sepatu hak rendah dan jika menggunakan aksesoris maka gunakanlah yang asli jangan imitasi. Sedangkan untuk laki-laki, perhatikan arloji anda. jangan menggunakan arloji bewarna cerah apabila mengendarai sepeda motor, cobalah untuk membenarkan penampilan anda di kamar mandi sebelum melakukan interview. Pewawancara butuh waktu 17 detik untuk melihat penampilan dan nantinya tertarik dengan anda.

4.    Makan permen karet

Jangan makan permen karet saat interview, sebab ini adalah kesalahan yang fatal. Memang, untuk sebagian orang mengonsumsi permen karet membuat kita agar tidak terlihat gugup. Konsumsilah permen karet sebelum masuk ke ruangan, setiba di ruangan maka buanglah permen karet anda. makan permen karet saat wawancara dapat membuat anda terlihat gugup.

5.    Mengeluh atau menjelekkan orang lain

Jangan mengeluh atau menjelekkan orang lain, misalnya mengeluhkan atasan atau tempat kerja anda sekarang. Anda tidak perlu menjelekkan orang lain untuk meninggikan diri anda sendiri, sebab ini bukanlah cara yang berhasil.

6.    Tidak mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan

Ada sebagian orang yang tidak mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangannya. Anda harus pandai menjelaskankan kelebihan anda dan jelaskan prestasi yang pernah anda dapatkan. 

Itulah 6 kesalahan saat interview kerja yang kemungkinan banyak dilakukan oleh pelamar kerja. Semoga informasi ini membantu ya. Baca juga artikel kami Tips Tes Wawancara agar diterima
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top