Friday 6 November 2015

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengirim Berkas Lamaran

Tahukah anda bahwa saat anda mengirim berkas lamaran kerja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar lamaran anda terlihat profesional? Terkadang banyak pelamar kerja yang membuat kesalahan tanpa mereka sadari sehingga membuat mereka kehilangan pekerjaan yang selama ini mereka impikan. Di bawah ini adalah informasi mengenai beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mengirim berkas lamaran kerja.

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mengirim Berkas Lamaran Kerja


hal penting dalam mengirim berkas lamaran


1.    Mampu meyakinkan perusahaan

Surat lamaran yang baik adalah bukan hanya sekedar menampilkan atau memperi pernyataan atas kemampuan pribadi pelamar. Surat lamaran sebaiknya mampu menghubungkan kemampuan diri dengan hal yang diinginkan perusahaan. di lamaran kerja adalah pencapaian yang pernah anda lakukan dan sesuaikan dengan keinginan perusahaan. Dengan begini jadi perusahaan tahu bahwa anda cukup baik di posisi tersebut.

2.    Memberikan informasi kontak

Jangan pernah lupa untuk memberik informasi kontak, sebab ini adalah salah satu cara pihak perusahaan untuk menghubungi anda.

3.    Jangan langsung menyebutkan titel

Di lamaran sebaiknya jangan langsung menyebutkan titel di baris pertama surat lamaran anda. padahal latar belakang tidak selamanya membuat anda terbaik di antara pelamar yang lain. sebaiknya anda menggunakan kalimat menarik di awal demi menarik perhatian HRD.

4.    Jangan menghilangkan nama perusahaan

Sebaiknya jangan pernah menghilangkan nama perusahaan di surat lamaran anda. Anda sebaiknya juga mengganti kebiasaan anda yang selalu menggunakan kalimat Kepada Yang Terhormat. Ada baiknya anda mencari terlebih dahulu di internet nama perusahaan yang dituju.

5.    Jangan membuat paragraf terlalu pendek atau panjang

Jangan pernah membuat paragraf terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Paragraf yang baik adalah maksimum 4 paragraf. Paragraf pertama berisi kalimat untuk memperkenalkan diri anda serta posisi yang ingin dilamar. Kemudian sebutkan juga keahlian yang sesuai dengan pencapaian dan yang dibutuhkan perusahaan.

6.    Jangan salah kirim

Mungkin anda mengirim lamaran kerja ke banyak perusahaan, akan tetapi kesalahan anda adalah tidak memperbarui surat lamaran anda. alhasil, anda mengirim surat salah dan mengirim ke perusahaan yang lain. hindarilah kesalahan seperti ini, sebab ini akan sangat memalukan.

7.    Jangan terlampau detil memasukkan data pribadi

Data pribadi memang harus dimasukkan ke dalam lamaran kerja, akan tetapi ada beberapa data yang seharusnya tidak perlu dimasukkan. Adapun data-data tersebut seperti detil umur, status dan agama kecuali data ini relevan dengan posisi.


***

Itulah hal yang harus diperhatikan dalam mengirim berkas lamaran kerja agar lamaran anda terlihat profesional dan menjanjikan. Saran kami carilah lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda, agar anda dapat menulis di lamaran kerja berhubungan dengan kemampuan dan posisi yang diinginkan.
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top